Sabtu, 09 Januari 2010

UNSUR-UNSUR KUBUS

JUDUL

Unsur-Unsur Kubus

SASARAN

Multimedia ini ditunjukan untuk siswa SMP kelas IX semester 1

LATAR BELAKANG

Matematika memiliki peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Banyak permasalahan dan kegiatan dalam hidup kita yang harus diselesaikan dengan menggunakan ilmu matematika seperti menghitung, mengukur, dan lain – lain. Faktor pendukung berhasil tidaknya pengajaran matematika adalah guru harus menguasai teori belajar mengajar matematika. Dengan menguasai teori belajar mengajar matematika siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik, bahkan dapat memotivasi siswa berminat belajar matematika. Teori belajar mengajar matematika yang dikuasai oleh guru akan dapat diterapkan pada siswa dan guru dapat memilih strategi belajar mengajar yang tepat, mengetahui tujuan pendidikan dan pengajaran. Matematika selayaknya merupakan kebutuhan dan menjadi kegiatan yang menyenangkan, namun pada kenyataannya bahwa matematika adalah mata pelajaran yang dianggap sulit dan tidak sedikit orang yang tidak menyukai matematika.

Hasil penelitian telah banyak membuktikan efektivitas penggunaan alat bantu atau multimedia dalam proses belajar-mengajar di kelas, terutama dalam hal peningkatan prestasi siswa. dan dengan terbatasnya media yang dipergunakan dalam kelas diduga merupakan salah satu penyebab lemahnya mutu belajar siswa.

Melihat kondisi seperti itu maka saya mengambil suatu cara untuk lebih memudahkan siswa dalam memahami matematika dan untuk meningkatkan motivasi atau suasana menyenangkan dalam proses pembelajaran matematika yaitu dengan menggunakan multimedia interaktif, adapun multimedia interaktif yang digunakan yaitu multimedia presentasi pembelajaran, dalam hal ini multimedia interaktif yang akan saya buat adalah tentang unsur-unsur kubus, kubus termasuk kedalam dimensi tiga dan pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang memahami konsep tentang kubus, misalnya siswa bahkan mahasiswa sendiri masih salah persepsi tentang definisi dari unsur-unsur kubus seperti apa yang dimaksud dengan titik sudut, rusuk, sisi, diagonal sisi, diagonal ruang dan bidang diagonal dan manakah yang pertamakali menyusun kubus. Pada kenyataannya sebagian siswa lebih cepat menyebutkan bagian dari unsur-unsur kubus tersebut dibandingkan dengan definisinya sendiri, padahal seharusnya dengan memahami definisi yang baik siswa dapat menyebutkan unsur-unsur kubus tersebut, dan sebelum bisa menyebutkan unsur-unsur kubus tersebut siswa harus paham dengan unsur-unsur kubus tersebut.

Multimedia interaktif ini ditunjukan untuk siswa SMP kelas IX semester 1 karena untuk pembelajaran matematika tingkat SMP masih perlu media untuk lebih mengkonkretkan suatu matapelajaran yang dianggap sulit, dengan tujuan akan mempermudah dalam pemahaman materi tersebut.

TUJUAN

Tujuan dibuatnya multimedia interaktif ini antara lain :

1. Mempermudah pemahaman siswa tentang unsur-unsur kubus.

2. Mengkongkretkan unsur-unsur kubus.

3. Meningkatkan motivasi belajar dan pembelajaran lebih bervariasi.

4. Memenuhi tugas akhir matakuliah multimedia pembelajaran matematika.


STORYBOARD
Storyboardnya dapat di download disini :
http://www.ziddu.com/download/8077717/storyboard.pdf.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar